Selasa, 26 Juni 2012

Sri Prakash Lohia, Si Pengusaha Tekstil dari India


Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia merupakan orang terkaya ke tiga belas di Indonesia, kekayaannya diperoleh dari perusahaannya Indorama Corporation. Perusaaan yang menyuplai poliester terbesar di dunia ini mampu memproduksi 5 juta ton poli ester, selain itu perusahaan ini memproduksi olefin  terbesar ke dua di afrika, terbesar ke tujuh, produksi PTA di dunia dan produsen pintal benang dunia. Perusahaan ini semula didirikan di Indonesia bersama ayahnya ML Lohia pada tahun 1976 yang bergerak dalam industri benang.
SP Lohia merupakan orang keturunan India yang kemudian memilih menjadi warga negara Indonesia pada tahun 1983. Di bawah kepemimpinannya ia mampu “mengepakkan” sayapnya sehingga Grup Indorama semakin menggurita di mana-mana. Produknya meliputi poliester, PET resin, polyethylene, polypropylene, kain, hingga sarung tangan medis. Ketika dia ditanya apakah memiliki formula yang ajaib untuk  pertumbuhan  bisnisnya, ia menjawab “Kami melakukan segala sesuatu menggunakan akal sehat tapi tidak ada yang bisa meniru kami”. Lohia saat ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengembangkan perusahaannya dan mencari peluang bisnis baru, sedangkan penanganan seeluruh karyawannya diserahkan kepada manajer yang terlatih dan kompeten.
Fokusnya saat ini menangkap peluang yang diprediksinya terbuka lima tahun kedepan, "Kami sedang mengerjakan beberapa proyek yang sangat besar di Nigeria, Uzbekistan dan Timur Tengah yang akan bernilai lebih dari $ 5 miliar”, mereka menilai proyek-proyek ini termasuk “lahan hijau” sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk beroperasi.
Ada beberapa faktor yang dia pertimbangkan dalam menjalankan bisnis sehingga ia mencapai kesuksesan, faktor tersebut yaitu pertimbangan ketika memilih lokasi untuk berinvestasi, ia katakan "Saya mencari bahan baku, ketersediaan bahan baku dan berapa harga yang bisa saya dapatkan untuk itu," selain itu  "Saya selalu mencari diskon untuk pasar sehingga saya bisa tetap kompetitif." Faktor yang terakhir yang ia pertahankan adalah pembiayaan, Lohia memiliki hubungan baik dengan lembaga keuangan internasional seperti International Finance Corporation dan bank swasta karena komitmennya untuk selalu membayar tepat waktu.
Pertimbangan terbesar Lohia adalah pada karyawannya yang berjumlah 19 ribu yang ada di seluruh dunia dan apakah dia dapat menemukan manajer yang tepat untuk menjalankan bisnisnya? Kami melatih mereka supaya menjadi karyawan yang rajin, terampil dan jujur. Dengan jumlah karyawan yang besar dan dengan kualitas yang bagus mampu membuat bisnisnya terus berekspansi dan berkembang pesat.
Di usianya yang sudah 60 tahun Lohia telah mencapai kesuksesan dan mencapai kesenangan menjalani hidupnya karena telah mampu membangun kerajaan bisnisnya yang mencakup 18 negara dan empat benua.
Sri Prakash Lohia, ketua Ventures Indorama, bagaimanapun belum selesai membagun bisnisnya,  meskipun membangun beberapa perusahaan di indonesia yang bertaraf multinasional. Tahun lalu, Grup ini membukukan omset sebesar $ 7 miliar dan keuntungan sebesar $ 1 miliar, menjadikannya salah satu Grup terbesar di negara bisnis itu.
Sebagai perusahaan Indonesia, hanya salah satu dari segelintir perusahaan yang benar-benar global. Indorama Ventures Public Co Ltd terdaftar di Bursa Efek Thailand dan memiliki kantor pusat di London dan Jakarta.
 Ketika ditanya apa fokusnya, Lohia memiliki jawaban sederhana. "Saya fokus pada pertumbuhan. Kami membeli perusahaan yang menguntungkan dan kami memperbaikinya”. "Semua pabrik kami membuat uang," tambahnya. "Tugas saya adalah untuk mendapatkan pertumbuhan, mencari peluang baru dan mewujudkannya."

“Pekerjaan manajemen”, ia menambahkan, adalah dengan menjalankan perusahaan secara profesional. Setiap kali dia memperoleh sebuah perusahaan, dia terus mengelola tim yang sama, pemangkasan itu untuk membuatnya lebih efisien.
"Anda tidak bisa mengurus semua orang tapi setidaknya jika Anda bisa memberikan senyuman ke wajah 18.500 karyawan, yaitu perasaan yang baik," katanya. "Kepuasan adalah hal yang paling penting ketika Anda menjalankan bisnis."
Sumber :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar