Jumat, 11 Mei 2012

Bermula dari “Anak Bengkel” Menjadi Bos Bengkel



Pada kesempatan kali ini penuilis terinspirasi dari kisah perjalanan bisnis seseorang yang dulunya sebagai karyawan di sebuah bengkel bubut, kemudian ia berusaha untuk mengubah nasibnya dengan membuat bengkel sendiri yang dirintisnya dari nol, berikut kisahnya:
Pada permulaan hijrah dari kampung menuju kota metropolitan ini dengan maksud untuk mengubah nasib, Supono bekerja disebuah bengkel bubut dengan bermodalkan pengetahuan yang seadanya yang diperolehnya sewaktu belajar di SMK. Pada saat itu Supono menyadari bahwa dirinya hanya memiliki kemampuan yang masih dibawah standar bila dibandingkan dengan rekan kerjanya yang lain yang lebih senior, namun kekurangannya itu tidak membuat dirinya merasa rendah diri tetapi sebaliknya ia terus belajar untuk memperbaiki dirinya dengan sungguh-sungguh dan dengan tekad yang kuat, sehingga kekurangan yang ada pada dirinya itu dimata bosnya tertutupi dengan semangat kerjanya yang “membara” sehingga dengan semangatnya dalam belajar itu mampu untuk meningkatkan keahliannya dalam bekerja, hingga ia diakui oleh rekan kerja dan bosnya sendiri akan keahlian yang dimilikinya.
Namun setelah mendapatkan pengakuan akan keahliannya itu, ternyata tidak dibarengi dengan kesejahteraan dalam keluarganya, meskipun gaji sudah naik beberapa kali. Maklum sebagai karyawan, gaji yang diperoleh hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, jangankan untuk menabung, untuk membayar biaya pendidikan anak pun kadang kewalahan.
 Olehkarena itu pak Supono terinspirasi untuk membuat bengkel sendiri, dengan bermodalkan sebuah mesin yang ia beli dari menyisihkan sebagian gaji yang diperoleh dan dengan pengalaman kerja yang cukup matang ia menyewa tempat untuk memulai wirausaha. Wirausahanya dimulai dengan mencari pelanggan yang dulu pernah dilayaninya sewaktu menjadi karyawan, ternyata tidak sulit unuk meyakinkan pelanggan karena sudah saling kenal sebelumnya, dengan adanya pesanan yang cukup banyak dari pelanggannya, ia mulai kewalahan, akhirnya ia memberanikan diri untuk mencari seorang karyawan dan meminjam sejumlah uang dari bank untuk membeli mesin produksi dengan jaminan sebidang tanah yang ia tempati, ternyata cukup sulit untuk meyakinkan pihak bank, hingga tempat usahanya disurvei beberapa kali takut jika uang yang dipinjamnya tidak kembali, namun dengan jaminan sebidang tanah yang ia tempati tersebut mampu untuk membuat pihak bank mengabulkan permintaannya untuk meminjam sejumlah uang. Dengan demikian sedikit demi sedikit usahanya semakin maju.
Tempat usaha yang ia beri nama CV.Sunan Agung Teknik ini yang berlokasi di Jl. Pasar Kemis, km 0,5 , Jatiuwung, Komplek UTU, Tangerang.  Telp 021 593 090 67.  CV ini menerima jasa pembubutan, milling, CNC, survace grinding, wire cut dll. Meskipun sudah berdiri sejak tahun 2003 CV ini masih menyewa lahan untuk tempat usahanya, sehingga terpikirkan olehnya untuk memiliki tempat usaha sendiri, akhirnya ia membeli sebidang tanah di Sangiang Jaya , tepatnya di pinggir Jl. Prabu Kian Santang untuk sebagai tempat usaha yang barunya.
                Kepada penulis beliau yang kini memiliki tujuh orang karyawan dan telah menunaikan rukun islam yang kelima, berbagi tips dalam menjalankan bisnisnya yaitu selalu berusaha untuk menjaga kepercayaan pelanggannya yaitu dengan memenuhi janji yang telah disepakati bersama dengan pelanggan, selain itu beliau selalu menjaga kualitas produk yang dihasilakan, memenuhi dead time yang diminta pelanggan, menjual produk dengan harga yang bersaing dan ini yang terpenting dari beliau yaitu “sesibuk-sibuknya kita dalam bekerja, sempatkanlah untuk mendirikan sholat” atau jangan tinggalkan sholat, karena bagi H.Supono sholat itu adalah sangat penting.
Alhamdulillah dengan kesungguhannya dalam berwirausaha dan atas izin dari Allah SWT, usahanya dapat berjalan lancar dan terus berkembang. Semoga kita dapat mencontoh keberhasilannya dan menerapkan kiat-kiat suksesnya dalam memulai wirausaha hingga kita memeperoleh kesuksesan, amin. Alamat dan no telpon di atas adalah benar adanya dan bisa digunakan untuk melakukan pemesanan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar